Skip navigation

Pernah liat gak foto-foto aneh (dan beberapa mungkin menakutkan) seperti ini?

Foto ini sudah ada di beberapa blog, mungkin sudah banyak yang melihat. Biasanya disertai dengan tulisan bahwa ini adalah jasad dari seseorang yang berusia 18 tahun dari Oman, setelah dikubur 3 jam, lalu kuburnya dibongkar lagi untuk keperluan identifikasi penyebab kematiannya, dan disaksikan oleh ayahnya sendiri. Orang-orang dekat sang jenazah ini merasa kaget karena baru 3 jam dikubur, jasadnya begitu hancur, dan secara umum diaku sebagai azab kubur.

Terlepas foto tersebut asli atau bukan, bualan atau bukan, sebagian Muslim mempercayai bahwa siksa kubur itu memang ada, karena memang ada dalilnya. Sebagian lagi mengatakan dalam Qur’an Al Karim tidak dinyatakan tentang siksa kubur, dan hanya ada di Hadits.

Mungkin, apa yang disampaikan Ustadz H Ahmad Sarwat, Lc. bisa dibaca, dan apa yang disampaikan oleh Labaik bisa dibaca disini.

Maaf, pengetahuan saya memang kurang. Silahkan dikaji sendiri mengenai hal ini.

Foto Bualan ?

Sebenarnya saya ingin ngobrol soal foto “bukti” siksa kubur yang dikatakan dari Oman di atas. Tausyah275 menulis diblognya dia membaca meta data dari foto itu dan terlihat tulisan ADOBE di foto tersebut. Ini menunjukkan bahwa foto itu pernah tersentuh software dari ADOBE, entah hanya untuk resize, atau rekayasa.

Terus terang, kalau untuk rekayasa, saya kurang yakin kalau foto ini pake perangkat lunak pemroses gambar.

Saya cenderung mikir, kalau foto tersebut diambil dari galeri atau pustaka foto penyedia jasa visual efek untuk perfilman. Contohnya seperti foto-foto di bawah ini :

Sumber foto : latexmaskcentral.com

Biasanya topeng atau properti untuk visual efek sebuah film seperti itu dibuat dengan bahan latex dan silikon, digunakan kebanyakan di film thriller, horror, atau film fiksi-ilmiah. Sayangnya saya belom dapat foto yang serupa dengan foto “bukti siksa kubur” di atas dari sumber aslinya.

Jadi, apakah foto siksa (adzab) kubur itu asli, bualan, atau rekayasa, saya bukan orang yang pantas untuk menentukannya.

Saya hanya bertanya dalam hati, seandainya ini adalah foto bualan, apa sih sebenarnya motivasi dari orang-orang yang menyebarluaskan bualan ini?

Apa pula itu bualan (hoax) ? Saya coba terjemahkan dari wikipedia, sebagai berikut:

Bualan merupakan suatu pembohongan, atau trik, yang sengaja dibuat agar pemirsanya mempercayai bahwa hal tersebut adalah fakta, kebenaran, atau kenyataan.
Bualan ini berbeda dengan penipuan pada umumnya, yang biasanya korbannya dimanfaatkan untuk tujuan materi, atau sama sekali berbeda dengan seni sulap yang menggunakan trik dan tujuannya untuk hiburan dan penonton sulap pun tahu kalau sulap menggunakan trik.
Lalu, bualan ini untuk apa? Nyontek lagi dari wikipedia:

  • Hanya untuk guyonan atau bermaksud bercanda
  • Untuk mempermalukan seseorang atau suatu pihak
  • Untuk mendorong (memprovokasi) perubahan sosial di masyarakat dengan jalan membuat masyarakat menjadi waspada terhadap sesuatu.
  • Bualan juga dapat dimotivasi oleh keinginan untuk menunjukkan bahwa betapa mudahnya masyarakat diperdayai, atau untuk menunjukkan betapa absurdnya target bualan.

Ehem, poin terakhir ini jangan sampai menimpa masyarakat Indonesia.

Sebagai pengingat saja, beberapa bualan yang sudah terbukti memang bualan dan pernah melanda penggemar foto-foto aneh di internet beberapa waktu lalu :

Foto Bualan Tentang Kerangka Raksasa

Sumber foto : National Geographic

Foto bualan ini pernah menyebar di internet dan dianggap sebagai “bukti nyata bahwa raksasa itu memang ada…” :lol: menyedihkan memang. Foto ini akhirnya terbongkar sebagai foto bualan yang memenangkan tempat ketiga di kontes di tahun 2002 oleh seseorang yang beralias ironkite dengan judul foto “Archeological Anomalies 2″, dimana peserta kontes itu memang diminta untuk membuat foto bualan. Foto ini pernah dimuat disebuah media di India, dan menyebutkan bahwa National Geographic pernah membantu proyek arkeologis tentang kerangka manusia raksasa, dan penemuan kerangka manusia raksasa tersebut berada di India :lol: .

Ada lagi mengenai foto bualan yang pernah tenar. Ini dia contohnya:

Foto Bualan Mermaid

Sumber foto : thefeejeemermaid.com

Foto ini sebenarnya adalah foto mengenai karya seniman berbakat Juan Cabana yang membuat dan menjual duyung buatan ini. Namun bualan mengenai foto ini menyebar tahun 2006, bahkan bualannya mengatakan bahwa ini adalah mahluk asing berbentuk duyung yang terdampar di Teluk Bahang, Malaysia. :lol: dan bualan ini benar-benar menunjukkan bahwa betapa mudahnya orang banyak diperdayai.

Yah begitulah internet, makin canggih saya kira orangnya pun makin pintar, tapi ada saja yang masih bisa diperdayai foto-foto seperti ini.

Wassalam.

Selamat menjalankan ibadah puasa, bagi muslim sekalian.

Sumber refrensi :

10 Comments

  1. yg jelas, siksa kubur itu memang ada… salam kenal

  2. iya, sudah saya duga hampir semua berita2 foto itu adalah hoax atau kebohongan belaka… :(

  3. itulah penyakit orang Indonesia kebanyakan yaitu senang sekali akan 3 hal.
    KLENIK, KRIMINAL, dan SEKS.
    maka tak heran bila semua hal itu yang ada di media laris manis.

    • hety
    • Posted September 23, 2008 at 4:18 am
    • Permalink

    hmmm….

    iya tuh…

    koq bs nyebar gt sie

  4. heheh..menarik ya. Ada-ada aja. Tapi bagus banget!
    Salam kenal dan selamat menunaikan ibadah puasa juga.

  5. Kenapa ya kita suka butuh hal-hal ajaib yang sensasional dulu untuk benar-benar percaya pada agama kita? Kalau ‘ditakut-takuti’ dengan yang beginian, baru deh mulai agak beriman.

    Padahal banyak hal-hal biasa yang terjadi sehari-hari yang sebenarnya tak kalah ajaibnya untuk membuat kita bersyukur… :?

  6. Hehehe… kreatif…
    Maksudnya kreatif ngibulin.
    Hehehe…

  7. serem ya..

    • farid
    • Posted Oktober 7, 2008 at 7:12 am
    • Permalink

    Itu gambar kemungkinan diambil dari VCD tentang Azab Kubur. klo makai ADOBE, ya jelas dong, pan ADOBE bisa dipake buat edit foto, supya pas resolusinya dan ukuran filenya. atau mungkin buat scan tuh gambar. kan bisa tho, scan makai Adobe Photoshop. Aku pernah liat film ini diputar ketika ada pameran Muslim Book Fair tahun 2008. Coba cari aja VCD-nya. Sudah beredar kok.

    Terlepas dari bener tidaknya gambar tersebut, yang pasti Azab Kubur itu ada. Salah satunya kesaksian ibu ku sendiri, ketika beliau ikut penguburan jenazah. Jenazah tersebut tidak bisa dimasukkan dalam kuburnya, terlalu sempit kuburnya. Digali kembali juga sama. Akhirnya tuh jenazah di tekuk(ind=dilipat).

  8. aku sih stuju-setuju aja ada azab kubur, tapi kalo gambar kayak gituan. orang hollywod paling jago dech memanipulasi gambar


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: