Skip navigation

Menelusuri video-video religius di youtube.com membuat saya melamun. Video kesaksian muallaf dan murtadin bermunculan balas berbalas. Beragam gaya editan, ilustrasi musik, dan gaya penyampaian.

Lama-lama saya jadi muak, melihat tingkahan orang-orang yang menyebar-nyebarkan video-video ini dari pihak manapun, dan untuk alasan (yang dibuat-buat) apapun.

Kata teman saya, “kalau gak suka kenapa nonton?”

Ah, sudah masuk di ruang publik, siapa pun bisa nonton, dan memang itulah tujuannya.

Saya jadi ingat waktu aktif di MLM, waktu SMP sampai kuliah. Berbagai tawaran MLM, kesaksian atas kesuksesan dan keunggulan perusahan MLM masing-masing pun pernah saya saksikan, baik melihat langsung maupun lewat vcd.

Kira-kira begitulah, gaya penyampaiannya. Ada pula yang menjelek-jelekkan perusahaan MLM yang sudah meraka tinggalkan, lalu memuji sambil pura-pura mengulas segala kebaikan perusahaan MLM yang kini dia menjadi anggotanya. Motivasinya: supaya dapat downline (calon downline nanti merubung mereka setelah turun podium, atau menelepon mereka untuk menjadi anggota), supaya jaringannya cepat terbentuk. Ada pula yang sekedar ingin diaku sebagai orang lama yang levelnya sudah bertingkat-tingkat dan  kelihatan sukses.

Mirip juga sama video-video kesaksian ini, baik dari muallaf maupun murtadin.

Lama-lama bosan lihat yang beginian.

Masih ada yang lain: video mukjizat palsu yang dibikin-bikin. Ada lagi video provokasi balas berbalas dari masing-masing pihak, termasuk pula saling hina-menghina.

Nonton Tom and Jerry aja ah, kayaknya lebih bermanfaat.

😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: